Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan


Manfaat buah tomat untuk kesehatan. Tomat ( Inggris : tomato) termasuk tanaman berumur pendek. Maksudnya, tanaman ini hanya satu kali berbuah, kemudian mati. Tomat termasuk jenis sayuran buah. Buahnya memiliki citarasa manis dan sedikit asam yang menyegarkan.Secara umum, buah tomat digunakan sebagai buah segar pencuci mulut, penyedap rasa masakan, dan diolah menjadi produk olahan seperti saus dan pasta tomat.

Tanaman tomat memiliki bentuk buah yang beragam, tergantung varietasnya. Ada yang bulat, lonjong, dan oval. Ukuran dan warna buahpun sangat beragam.

Bunga tanaman tomat terkumpul dalam sebuah rangkaian bunga. Jumlah kuntum bunga dalam satu rangkaian berbeda-beda. Tergantung jenis varietasnya. Bagian-bagian bunga terdiri atas kelopak, helaian mahkota, bakal buah, kepala putik, tangkai putik, dan benang sari.

Daun tomat terdiri dari helaian dan tangkai daun. Helaian daun berwarna hijau dan berbentuk oval dengan bagian luar daun bergerigi. Tangkai daun merupakan bagian daun yang menempel pada batang dan cabang.

Batang tomat berbentuk persegi empat hingga bulat. Batangnya lunak, berbulu, dan bercabang banyak. Pada saat muda, batang berwarna hijau dan sangat rapuh. Setelah tua, warna batang berubah menjadi kecokelatan, keras, dan hampir berkayu, sehingga lebih kuat dan tidak mudah patah.

Sebagaimana tanaman dikotil, tanaman tomat berakar tunggang. Tersusun atas batang akar, rambut akar, ujung akar, dan tudung akar. Rambut-rambut akar merupakan perluasan dari epidermis akar dan berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan bagi akar.

Baca juga :  Cara Menyimpan Buah dan Sayuran Agar tidak Cepat Busuk
 
Kandungan senyawa penting dalam buah tomat, di antaranya adalah :

  • Lycopene (provitamin A), berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari serangan radikal bebas.
  • Vitamin C yang penting untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit.


Khasiat dan Manfaat tomat


Mengonsumsi tomat secara teratur ternyata baik bagi kesehatan, karena buah tomat terbukti berkhasiat menekan resiko kanker, terutama kanker prostat. Hal ini terjadi karena buah tomat mengandung lycopene (provitamin A) yang sangat tinggi.

Baca juga :   Buah-buahan Untuk Penderita Darah Tinggi


Sebuah penelitian yang dilakukan Hardvard University Massachuset, Amerika Serikat terhadap konsumsi 46 jenis sayuran, buah, dan produk olahan menunjukkan, bahwa hanya empat produk yang secara signifikan mengurangi resiko kanker prostat. Produk tersebut adalah buah tomat, jus tomat, saus tomat, dan saus pizza. Keempat produk tersebut merupakan sumber lycopene yang cukup baik.

Lycopene juga berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan merupakan pelindung tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah tomat juga dipercaya berkhasiat mengurangi dan mengobati jerawat pada wajah. Caranya yaitu dengan menempelkan masker buah tomat pada kulit wajah.

Baca juga : Tips cara merawat kulit yang benar

Demikian sedikit uraian mengenai Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.   

No comments

Post a Comment