Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker

Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker

Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker. Kanker adalah penyakit yang ganas dan dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya apabila tidak ditangani secara lanjut.

Untuk itu, berbagai daya upaya harus kita lakukan untuk mencegah penyakit ini agar tidak menyerang kita.

Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker

Anda bisa mencoba cara untuk mencegah kanker seperti dibawah ini:

1. Menjaga keseimbangan berat badan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa, kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker kerongkongan(kanker ensophagus), kanker pada jaringan luar rahim (kanker endometrium), serta kanker payudarapasca-menopause. Body Mass Index atau BMI merupakan perhitungan untuk menentukan berat badan yang ideal dengan cara membandingkan jumlah berat badan dan tinggi badan.

Orang yang sehat memiliki jumlah BMI 18,5 sampai 24,9. Sedangkan pada orang yang memiliki jumlah BMI diatas 25 hingga lebih, bisa beresiko terkena kanker.  Contoh cara penghitungan BMI, BB = 55 kg dan TB =  160 cm, maka BMI = (55) / (160)*(160) = 21.48.

Baca juga : Cara Mudah Mencegah Kanker Serviks

2. Berjalan kaki minimal 10 menit sehari.

Laporan dari studi pada University of California menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 10 menit sehari dapat menurunkan resiko terserang kanker payudara. Dalam studi tersebut dinyatakan bahwa, wanita yang melakukan olahraga seperti jalan cepat atau bersepeda selama 45 hingga 60 menit selama 5 kali dalam seminggudapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap terjadinya kanker payudara atau kanker usus besar.

3. Mengkonsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah tidak hanya membuat tubuh anda tetap ideal, namun disamping itu sayur dan buah juga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker pada tubuh kita.

Kebiasaan yang sering dilakukan dalam diet sehat seperti ini juga dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Termasuk kanker paru-paru, mulut, kerongkongan, lambung serta kanker usus besar.

Baca juga :  Khasiat dan Manfaat Rebusan Daun Sirsak

4. Menghindari rokok serta menghirup asap rokok.

Sekitar 87% kasus kematian karena kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sekitar 10 tahun setelah anda berhenti dari kebiasaan merokok, resiko kanker paru-paru akan berkurang menjadi sekitar setengahnya. Begitu juga dengan resiko terjadinya kanker mulut, kandung kemih serta kanker ginjal akan ikut berkurang. Bila anda bukan perokok, maka jauhilah orang yang sering merokok, karena arap yang terhirup memiliki efek yang sama dengan perokok aktif.

5. Hindari konsumsi alkohol

Alkohol dapat meningkatkan resiko terserang kanker mulut, kanker laring (rongga mulut), kerongkongan, hati serta juga kanker payudara. Meskipun konsumsinya hanya sedikit, namun dapat membawa dampak yang besar pada kesehatan tubuh anda. Beberapa penelitian juga mencatat bahwa wanita yang minum alkohol selama satu minggu mengalami peningkatan resiko terkena kanker payudara.

Semoga informasi mengenai Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker ini bermanfaat.

No comments

Post a Comment