Cara Mudah Mencegah Kanker Serviks

Cara Mudah Mencegah Kanker Serviks


Cara Mencegah Kanker Serviks. Penyakit satu ini adalah kanker leher rahim “Serviks” Pada saat ini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar wanita di dunia lho. Kanker Serviks menyerang semua usia dari muda sampai tua penyebab utama adalah dikarenakan Virus Human Papiloma lebih dikenal dengan singkatan HPV. Apabila bercermin dari berita dan persentase penyebab kematian Kanker Serviks banyak terdapat di daerah maju namun di daerah berkembang sedikit sekali ditemukan kasus sejenis ini.


Baca juga : Bau Badan Saat Datang Bulan? Ini Tipsnya

Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara melakukan pencegahan kanker leher rahim ini sebenarnya sangat mudah sekali jika dilakukan secara rutin serta disiplin setiap hari, selain menjalankan hidup bersih.

Jika terinfeksi HPV, jangan cemas, karena saat ini tersedia berbagai cara pengobatan yang dapat mengendalikan infeksi HPV. Beberapa pengobatan bertujuan mematikan sel-sel yang mengandungvirus HPV. Cara lainnya adalah dengan menyingkirkan bagian yang rusak atau terinfeksi dengan pembedahan listrik, pembedahan laser, atau cryosurgery (membuang jaringan abnormal dengan pembekuan).

Jika kanker serviks sudah sampai ke stadium lanjut, maka akan dilakukan terapi kemoterapi. Pada beberapa kasus yang parah mungkin juga dilakukan histerektomi yaitu operasi pengangkatan rahim atau kandungan secara total. Tujuannya untuk membuang sel-sel kanker serviks yang sudah berkembang pada tubuh.

Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, bagaimana cara mencegah terinfeksi HPV dan kanker serviks? Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker serviks.

  1. Selalu menerapkan pola makan hidup sehat, usahakan kaya dengan sayur-sayuran, buah dan sereal sangat bermanfaat dalam merangsang sistem kekebalan tubuh kita. Seperti mengkonsumsi berbagai karotena, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, dan juga asam folat dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks berkembang dalam tubuh.
  2. Stop Merokok sedari dini. Telah terbukti penggunaan nikotin dapat meningkatkan resiko terkena kanker serviks.
  3. Jauhi hubungan seks diluar nikah atau di usia sangat muda 12-18 tahun adalah salah satu cara mencegah kanker serviks.
  4. Jangan berhubungan seks jika masa haid terbukti efektif untuk mencegah dan menghambat tumbuh kembang kanker serviks.
  5. Jangan berhubungan seks berganti-ganti pasangan.
  6. Secara rutin menjalani tes Pap smear. Saat ini tes Pap smear bahkan sudah bisa dilakukan di Puskesmas dengan harga yang terjangkau.
  7. Pilihan lain selain tes Pap smear yaitu tes IVA dengan biaya yang lebih murah dari Pap smear. Tujuannya untuk deteksi dini terhadap infeksi virus HPV.
  8. Penyuntikan vaksin virus HPV untuk mencegah terinfeksi virus HPV penyebab kanker serviks.
  9. Rutin dalam melakukan perawatan organ intim wanita, ini bisal dilakukan dengan bantuan ahlinya seperti dokter kandungan ataupun bisa kenalan anda, karena jika langkah ini di kerjakan rutin sangat ampuh dalam mencegah kanker serviks.

Semoga Bermanfaat cara mencegah kanker serviks untuk para wanita Indonesia tercinta.

No comments

Post a Comment