Ads Top

Rempah Daun Penyedap Rasa Masakan

Rempah Daun Penyedap Rasa Masakan

Rempah Daun Penyedap Rasa Masakan. Masakan dan bumbu adalah yang tidak dapat terpisahkan. Meskipun masakan dengan menggunakan bahan baku pilihan sekalipun akan menjadi hambar jika dimasak tanpa diolah dengan aneka macam bumbu.

Begitu juga, bahan pangan yang kelihatannya begitu sederhana, tetapi jika dimasak dengan perpaduan bumbu yang tepat, akan menghasilkan makanan dengan cita rasa yang begitu istimewa.

Bumbu resep masakan umumnya terdiri dari berbagai ragam rempah-rempah baik dari daun, bunga, batang ataupun dari akar. Untuk masyarakat Asia, termasuk Indonesia banyak sekali macam dedaunan yang disediakan alam yang dapat digunakan sebagai penyedap masakan.

Tentu saja ini merupakan sebuah satu kelebihan, sebab bahan pangan alami tentu lebih fresh dan lebih kecil resikonya bila dibandingkan dengan penyedap masakan buatan (yang umumnya terbuat dari bahan kimia ).

Bermacam dedaunan yang digunakan pada masakan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Ada yang ditujukan untuk memberikan aroma tertentu, memberikan tampilan warna, sampai pada untuk melunakkan daging.

Memilih Rempah Daun Penyedap Rasa Masakan


1. Daun Kari


Disebut juga daun temurui atau salam koja. Bentuknya seperti daun katuk, tapi lebih tebal. Daun ini banyak digunakan di dapur Aceh dan Sumatra Utara, untuk memberi rasa gurih pada hidangan bersantan seperti kari.

Baca juga : Resep Masakan Rawon Daging

2. Daun Salam


Berbentuk lonjong dan mirip seperti daun jambu biji. Kalau tidak ada yang segar, daun salam yang kering tetap dapat digunakan. Daun ini sering digunakan untuk hidangan tumisan, gulai, kari, lodeh, dan sayur asam.

3. Daun Kunyit


Aromanya sama dengan kunyit, hanya lebih lembut. Daun yang berbentuk lebar ini biasa digunakan dalam bentuk segar untuk hidangan dari dapur Sumatra, seperti kari, kalio, atau rending.
Baca juga :  Cara Membuat Sayur Asem Tetelan Bumbu Kunyit

4. Daun Kemangi


Selain bisa langsung disantap segar sebagai lalapan, daun ini juga sering dipakai untuk menambah aroma pada pindang ikan, pecak lele, atau aneka pepes. Campurkan sesaat sebelum matang.

5. Daun Seledri


Berbatang panjang dan ditumbuhi daun-daun kecil pada ujungnya. Aromanya yang khas dan kuat sangat cocok untuk membuat kaldu, baik untuk kuah sup maupun bakso. Bisa juga untuk taburan mi atau bihun goreng dan bubur ayam.

6. Daun Jeruk Purut


Bentuknya berbeda dari daun jeruk biasa. Terdiri dari dua daun yang berderet dalam satu batang. Biasa digunakan dalam bentuk irisan, sobekan, atau utuh, untuk masakan, minuman, bahkan kue seperti bika ambon. Aromanya yang segar sangat cocok untuk dicampurkan dalam hidangan bersantan atau seafood.

7. Daun Bawang


Bagian pangkal hingga setengahnya berwarna putih, dan ujungnya berwarna hijau. Biasa digunakan dalam bentuk irisan tipis untuk taburan tumisan dan hidangan berkuah, atau dalam bentuk utuh untuk membuat air kaldu.
Baca juga : Resep Sayur Bening Tofu Sawi Hijau

Demikian beberapa jenis Rempah Daun Penyedap Rasa Masakan untuk menambah istimewa masakan kita.

No comments:

Powered by Blogger.