Cara Memilih Sayur Yang Baik


Cara Memilih Sayur Yang Baik

Cara Memilih Sayur Yang Baik. Sayur adalah salah kebutuhan pokok dalam rumah tangga, peran dari sayur begitu signifikan dalam menunjang kebutuhan gizi keluarga di samping beberapa jenis makanan lainnya dalam keluaga seperti nasi sebagai sumber kabohidrat, ikan atau daging sebagai penunjang protein dan lain-lain.

Ketercukupan gizi dalam keluarga adalah tanggung jawab seorang ibu rumah tangga, asupan gizi yang baik akan menunjang keselarasan dan harmonisasi kehidupan rumah tangga baik itu terhadap suami tercinta maupun terhadap anak-anak tersayang.

Gizi yang baik tidak selalu di dapatkan lewat makanan yang mahal dan mewah, akan tetapi bisa juga di dapatkan dari jenis mekanan yang sederhana dan murah, sama halnya dengan sayur, mengkonsumsi sayur tidak harus dengan mengkonsumsi sayur-sayuran yang mewah dan mahal yang hanya bisa di dapatkan di toko-toko swalayan atau super market, akan tetapi kita masih bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Sayur yang baik tergantung dari bagaimana Cara Memilih Sayur Yang Baik untuk di konsumsi oleh keluarga, pemilihan jenis dan tingkat kesegarannya sangat mempengaruhi jumlah dan kadar gizi yang terdapat di dalam sayur itu sendiri.

Dan di kali kesempatan ini, gadisjasma ingin membagi pengalaman mengenai Cara Memilih Sayur Yang Baik untuk di konsumsi oleh keluarga kita semua. 

Cara Memilih Sayur Yang Baik 

Ke pasar pagi-pagi,adalah tips pertama untuk bisa mendapatkan sayur yang baik dan berkualitas,kenapa harus pagi-pagi,itu karena sayur yang datang dari petani atau produsen sayur biasanya di pagi hari atau dini hari,sayur yang datang di waktu tersebut biasanya masih segar atau tidak lama dari proses pemetikan sayur yang biasa di lakukan di petang harinya,sehari sebelum di perdagangkan,sayur yang datang di pagi hari lebih frees dan segar serta belum terkena matahari langsung jadi di jamin kendungan vitamin dan zat pentingnya yang berguna untuk tubuh masih segar dan berlimpah,sayur yang sudah terkena matahari biasanya sudah layu dan tidak enak di lihat.

Pilihlah jenis sayur yang memang di sukai oleh keluarga anda,jangan sekali-kali memilih dan membeli sayur yang sama sekali tidak di sukai oleh suami dan anak-anak anda karena akan mubazir,sekalipun di sadari kalau menganekaragamkan kebutuhan sayur di keluarga adalah perlu agar tidak menimbulkan perasaan bosan pada sayur yang itu-itu melulu,tapi yakinlah keluarga anda tidak akan menyukai masakan dari bahan sayur yang memang sejatinya mereka tidak sukai,Bunda pernah punya pengamalan membeli sayur Paria (bahasa makassar)sekalipun saya sudah masak dengan cara yang baik dan sempurna serta sudah tidak terasa pahitnya,..toh  ,..anak-anak dan suami saya tercinta tidak mau mengkonsumsinya karena memang mereka tidak suka sayur Paria tersebut.

Sesuaikan dengan tingkat kebutuhan anda akan sayur di hari tersebut jika anda tidak memiliki masin pengawet seperti lemari es atau sejenisnya,karena jika anda membeli sayur yang banyak yang tidak sesuai dengan tingkat kebutuhan anda di hari tersebut maka akan percuma dan akan mengasilkan kemubaziran saja, akan tetapi jika anda memiliki mesin pengawat maka bisa saja anda membeli sayur dalam jumlah yang banyak.

Pilihlah sayur yang masih berwarna segar dan masih nampak hidup,dalam artian sayur tersebut seakan-akan masih tumbuh,belum layu dan sebagainya,sayur yang segar seperti itu masih memiliki kandungan gizi yang baik untuk kebutuhan keluarga anda.

Pastikan sayur yang anda beli telah bebas dari berbagai macam pestisida atau racun tanaman yang biasa di gunakan oleh petani sayur dengan bertanya langsung ke penjual atau dengan cara merasakan dari aroma sayur tersebut.

Demikian share kita di kali kesempatan ini mengenai Cara Memilih Sayur Yang Baik, kita bisa juga mendapatkan informasi yang lebih di internet mengenai Cara Memilih Sayur Yang Baik dengan menggunakan kata kunci Cara Memilih Sayur Yang Baik.

1 comment