Aneka Wajah Baru Serba Buntut

Sop buntut memang sudah cukup populer di kalangan pecinta kuliner. Kuahnya bening, gurih, sedikit ada rasa merica, ditambah dengan sayuran seperti wortel, kentang, dan daun bawang. Kemudian buntut sapinya digoreng atau direbus sampai empuk.

Namun, buntut tidak melulu hanya dijadikan sop. Ada banyak masakan yang bisa menggunakan bahan utama buntut sapi nan gurih itu.

Misalnya saja buntut rawon, buntut saus tomat jahe, gulai buntut, sop buntut bakar, dan buntut rica-rica sajian dari hotel Ibis Kemayoran Jakarta.

Baca : Cara Memilih dan Mengolah Daging

Melihat tampilan aneka macam masakan serba Buntut ini sudah menggugah selera.

Sop buntut bakar 

Dalam penyajiannya, antara buntut bakar, kuah, dan nasi diletakkan terpisah. Biasanya kuah sop buntut bening. Kali ini sop buntut bakar disajikan dengan kuah berwarna agak kehitaman. Biasanya makanan yang dihidangkan panas-panas, lebih enak disantap segera. Namun, untuk sop buntut bakar ini tidak perlu terburu-buru menyantapnya.

Sop buntut bakar


Buntut bakarnya benar-benar panas, dan lidah tidak kuat menahan rasa panasnya itu. Yang memikat lagi adalah kuahnya yang beraroma jahe. Ternyata jahe yang digunakan dalam sop buntut bukan hanya berfungsi menghilangkan rasa amis, melainkan juga memberikan rasa hangat.

Seperti penjelasan Kepala Chef Hotel Ibis Kemayoran Enjang Juanda, warna hitam pada sop buntut bakar adalah keluak.

Daging sop buntutnya dipilih dari kualitas daging impor yang bagus dan mudah empuk, dengan direbus selama 30 menit.

Baca : Resep Masakan Rawon Daging

Gulai buntut 

Hidangan lain yang pantas dicicipi adalah gulai buntut. Hidangan berkuah ini memiliki warna mencolok antara merah dan kekuningan, yang dihasilkan dari cabai giling dan daun kunyit. Rasanya pedas dan gurih. Gulai buntut disajikan dengan bahan dasar santan, rempah, dan kari.

Gulai buntut


Sop buntut rawon Bila masih merasa tertantang, coba cicipi buntut rawon. Masakan rawon dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, yang bumbu utamanya adalah rempah dan keluak. Bila dalam masakan rawon disajikan irisan daging beserta kuah, ditambah dengan bawang goreng, tauge, telur asin atau tempe goreng, dan sambal cabe merah.

Untuk buntut rawon, selain kuahnya rawon, daging yang dihidangkan berupa daging buntut dan tulangnya. Cita rasa rawonnya luar biasa nikmat. Buntut rica-rica Bagi yang tidak menyukai makanan berkuah, Anda tetap bisa merasakan daging buntut rica-rica. Bagi penggemar cita rasa pedas, bersiaplah mencicipi buntut rica-rica. Daging buntut yang disajikan dengan irisan cabai merah. Rasa cabai dan jahe yang mendominasi masakan buntut, membikin lidah bergoyang.

Buntut saus tomat jahe Bila Anda penggemar masakan yang bercita rasa asam, cicipilah menu buntut saus tomat jahe. Campuran saus tomat dan jahe akan memberikan rasa sensasi yang asam sekaligus hangat.

Baca : Resep Cara Membuat Ayam Kemangi Bumbu Kuning

Daging buntut yang dibalut tepung gurih ini dilumuri saus tomat dan jahe. Bahkan ketika Anda menggigit daging buntut, akan merasakan empuk dan renyahnya daging tersebut.

Rasa asam begitu menggoda lidah Anda untuk mencicipinya lagi, lagi, dan lagi. Tampaknya Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencoba masakan tersebut. Selamat mencoba.

1 comment

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete