Tips Tetap Aktif Beraktivitas di Saat Haid

Tips Tetap Aktif Beraktivitas di Saat Haid

Tips Tetap Aktif Beraktivitas di Saat Haid. Menjelang dan saat haid, wanita sering dihadapai maslah PMS (pre-Menstrual Syndrome). PMS terjadi pada wanita direntang usia 14 – 50 tahun. Gejala PMS yang terjadi bervariasi dan berubah-ubah pada tiap wanita dari bulan ke bulan, yang meliputi gangguan fisik (pusing, mual, pegal pada pinggang, kram, sakit perut bagian bawah), psikis dan tingkah laku (mudah tersinggung, malas beraktifitas, mudah lelah, sedih tanpa sebab, lebih sensitive).

Gangguan ini terjadi 7 – 14 hari menjelang perdarahan dan biasanya akan hilang pada saat mulai perdarahan. Hal ini terjadi akibat perubahan produksi hormone seks oleh tubuh, terlebih saat menstruasi tidak lancar yang dapat mempengaruhi berlangsungnya aktifitas sehari-hari. Sifat dan tingkat rasa nyeri ini bervariasi, mulai dari yang ringan hingga sampai yang berat. Untuk rasa nyeri yang berlebihan lazim disebut dysmenorrhea.

Baca juga : Gejala dan ciri-ciri kanker serviks

Bagi wanita masa kini, gangguan-gangguan PMS tersebut bukan lagi sekedar masalah ketidaknyamanan atau rasa sakit saja, tetapi sudah menjadi masalah serius yang dapat mengancam aktivitas dan produktivitas.

Agar senantiasa tetap bebas beraktifitas di saat haid, ikuti tips berikut:

1. Olahraga yang teratur

Lakukan secara teratur 3 kali dalam seminggu selama 20 – 30 menit setiap kali latihan. Hal ini berguna untuk melemaskan otot dan sendi, serta mengurangi penimbunan cairan

2. Sedia multivitamin untuk menjaga stamina saat PMS tiba

Multivitamin yang mengandung mineral, vitain B dan E, mineral zinc dan magnesium penting untuk mengubah senyawa omega 3 menjadi prostaglandin, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan meregangkan otot dinding rahim.

3. Konsumsi makanan penting

Makanan kaya serat (buah, sayur, kacang-kacangan), vitamin B6 (ikan segar, tuna, hati, kacang-kacangan, beras merah, alpukat dan pisang), zinc (hati, kerang, ikan salmon, ayam, lobster. Kalsium yang terkandung dalam kedelai, tempe, tahu, havermuts, teri, ikan sarden), magnesium (lalap mentah sayuran hijau, apel, kacang mede, kedelai temped an makan laut) sangat penting untuk mengurangi sensitivitas tubuh terhadap rasa sakit dan mejauhkan diri dari kekejangan otot.

4. Rutin menjaga kebersihan daerah kewanitaan

Mulailah dari penggantian pembalut, penggunaan air bersih, arah membasuh dari bagian depan ke belakang, maupun penggunaan celana dalam berbahan katun.

Itulah beberapa Tips Tetap Aktif Beraktivitas di Saat Haid, semoga bermanfaat.

1 comment

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete